Tips Memilih Motif Baju Batik Couple Untuk Acara Istimewa

  • Whatsapp
Tips-Memilih-Motif-Baju-Batik-Couple-Untuk-Acara-Istimewa
Gambar dari blibli

Indonesia memiliki batik sebagai warisan budaya, dengan keanekaragaman corak yang berbeda di tiap daerahnya. Anda bisa menggunakannya sebagai busana, formal, santai, hingga sebagai baju batik couple dengan pasangan ataupun keluarga. Namun bagaimana memilih motif batik yang tepat untuk segala acara?

Ini dia tips memilih corak batik sarimbit, yang bisa disesuaikan dengan acaranya.

1. Acara Keluarga

Sebenarnya untuk kegiatan yang dihelat khusus untuk sanak saudara, Anda bisa memilih motif baju batik couple keluarga apa saja, dengan warna yang cerah dan berbahan ringan. Namun yang terasa lebih intimate dengan makna mendalam adalah motif khas Solo seperti sido asih dan kawung.

Batik sido asih sendiri berpola semen, dengan gambar gunung atau tanaman, yang memiliki makna kehidupan manusia yang saling sayang. Nilai filosofisnya cukup dalam, yakni kehidupan yang harmonis damai dan tentram.

Sedangkan motif kawung umumnya lonjong dengan pola geometris, yang akan cocok dikenakan untuk orang dewasa maupun anak-anak.

2. Acara Lamaran dan Pernikahan

Untuk momen spesial seperti ini, batik yang sebaiknya dipakai pasangan calon pengantin adalah yang memiliki makna khusus. Biasanya motif yang dipilih adalah tantrum, parang kusumo, sidoluhur, sidomukti, hingga grompol.

Selain polanya teratur dan cantik, masing-masing bermakna mendalam, karena melambangkan kesakralan pernikahan, kasih sayang, serta kehidupan yang harmonis dan sejahtera. Untuk membuat baju batik couple lamaran yang cantik, Anda bisa menyesuaikan motif dan warnanya dengan kebaya yang dikenakan.

3. Pesta

Jika hendak kondangan atau menghadiri acara hajatan lain bersama pasangan, Anda bisa mengenakan batik sarimbit yang lebih berwarna. Misalnya warna-warna pastel yang lembut, ceria, hingga monokrom.

Sedangkan motif batik yang cocok dipakai sarimbit adalah mega mendung, tujuh rupa, sekar jagad, hingga priangan.

4. Acara Wisuda

Khusus momen kelulusan atau wisuda, sebaiknya pilih batik yang tidak terlalu tua dan bermotif “berat”. Pilih saja baju batik couple modern dengan warna-warna netral hingga ceria, sehingga makin berkesan.

Motif yang bisa Anda pilih untuk momen ini adalah batik tujuh rupa, lasem, ulamsari, hingga batik simbut yang lebih colorful dan disukai anak muda.

Itulah beberapa tips memilih motif baju batik couple yang dapat Anda sesuaikan dengan acara. Usahakan memilih model yang simple, karena motif batik umumnya sudah cukup ramai dan memberi kesan penuh pada tubuh. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *